Jumat, 25 Juli 2008

Bangka-Belitung Traditional Food

Gangan: Gangan adalah gulai ikan khas Belitung dengan bumbu kuning yang asem dan segar. Setiap restoran di Belitung menyajikan Gangan sebagai menu utama karena kekhasan dan keunikan rasanya. Bila anda pernah mencicipi Gangan anda akan segera mengetahui mengapa masakan yang eksotls ini begitu digemari oleh orang Belitung dan tamu dari luar Belitung yang pernah mencicipinya.

Gangan: Gangan is a traditional fish soup with sour and fresh yellow spices. Every restaurants in Belitung serve Gangan as their main course for its unique kind of taste. Once you taste Gangan you would know why this exotic cuisine so much delighted by Belitung people and the guests who once tasted it.

Kerupuk dan Getas: Kerupuk dan Getas terbuat dan bahan ikan atau udang yang diproses secara tradisional. Sangat mengundang selera bila djsajikan dengan sambal khas Belitung sebagai teman nasi. Anda bisa membeli kerupuk dan getas di setiap toko oleh-oleh yang ada di Tanjungpandan.

Kerupuk and Getas: Kerupuk and Getas made from fish and processed traditionally. Its so much delighted when its served with traditional sauce and cooked riee. You can buy Kerupuk and Gelas in every souvenirs shops in Tanjungpandan.

Sambal Lingkong: Sambal Lingkong adalah makanan sejenis abon yang terbuat dan ikan dan parutan buah kelapa. Rasanya sangat khas dan menggugah selera apalagi bila disantap dengan ketupat yang masih hangat. Sambal Lingkong bisa anda peroleh di loko oleh-oleh di Tanjungpandan.

Sambal Lingkong: Sambal Lingkong is a processed food from fish and coconut. Its typical taste so delighted when it served with warm Ketupat. Sambal Lingkong can be bought in souvenirs shops in Tanjungpandan.

Rusip: Rusip adalah makanan olahan dari ikan dan diproses sedemikian rupa seperti Tauco sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas, sangal nikmat bila dijadikan teman nasi yang masih hangat. Rusip banyak dijual di loko oleh-oleh dan biasanya sudah dalam benluk kemasan yang menarik.

Rusip: Rusip is processed from fish and fermented like Tauco so it produces a typical taste. Rusip is delighted when its serves with warm cooked nee. Rusip sold in a charming package at souvenirs shop in Tanjungpstidan.

Mie Rebus Belitung: Mie Rebus Belitung tak ada duanya, anda akan segera percaya setelah mencicipinya. Mie Rebus Belitung disajikan dengan kuah kari udang khas Belitung dan kerupuk. Masakan ini sarigat khas dan anda tidak akan menemuinya di restoran-restoran di Tanjungpandan apalagi di luar Belitung, tapi bila anda penasaran ingin mencoba banyak warung-warung di setiap tempat di Belitung yang menyediakan menu khas ini.

Mie Rebus Belitung: No noodles like Mie Rebus Belitung. you will know as soon as you taste it. Mie Rebus Belitung served with traditional shrimp soup and chips. You would not find this noodle in any restaurants in Tanjung­pandan. But if you are curious to know its taste, you can find it every where in small food counters around Belitung.

Tidak ada komentar: